Tombol Navigasi

Chitika

Friday, August 5, 2011

Keindahan Pantai di Yogyakarta

1. Pantai Parangtritis

Parangtritis, adalah sebuah tempat wisata berupa pantai di pesisir selatan pulau jawa yang terletak 28 km selatan kota Yogyakarta. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat di tempat lainya. Selain ombak yang besar di tempat ini juga terdapat gunung-gunung pasir yang tinggi, biasa desebut gumuk.


Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan.


Meski pengunjung dilarang berenang, pantai ini tidak kekurangan sarana untuk memanjakan wisatawan. Terdapat penyewaan ATV (all terrain vecihle), tarifnya sekitar Rp. 50.000 – Rp. 100.000 per setengah jam. Motor roda empat segala medan ini mampu membawa menjelajahi pantai berpasir yang menawan ini.

Selain ATV, pilhan lain adalah bendi. Menyusuri permukaan pasir disertai sapuan ombak memang menawarkan sensasi kenikmatan tersendiri bagi pengendaranya.

2. Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 20 km arah selatan kota Wonosari (40 km dari kota Yogyakarta). Pantai yang menjadi tempat pertemuan antara air laut dan air tawar, yang merupakan hasil dari sungai yang bermuara di satu sudut pantai Baron. Pantai ini juga terletak disebuah teluk kecil yang dinamakan Teluk Baron.


Pantai Baron merupakan teluk yang diapit oleh dinding bukit yang hijau, dipenuhi oleh pohon kelapa. Teluk ini juga merupakan muara dari aliran sungai dibawah batu karang, yang airnya cukup jernih. Ombak pantai Baron agak besar, tetapi para pengunjung masih dapat berenang di pantai ini sampai batas yang diperkenankan, yang ditandai dengan rentangan kawat yang di-bentangkan di atas teluk itu.


Di pantai ini juga terdapat sungai bawah tanah yang bisa digunakan untuk pemandian setelah bermain dilaut. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati aneka ikan laut segar maupun siap saji, dengan harga terjangkau, termasuk menu khas Pantai Baron yaitu Sop kakap. Pada sisi sebelah timur dapat dicapai melalui jalan setapak yang melingkar terdapat bukit kapur, wisatawan bisa beristirahat di gardu pandang, sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan. Kurang lebih 10 KM ke arah barat dari Pantai Baron tedapat Pantai Parang Racuk dengan bukitnya yang menjulang dan terjal, menantang keberanian untuk bertualang dan menikmati keindahan laut sekitar dengan leluasa dari atas bukit.

3. Pantai Kukup

Jika di Bali ada Tanah Lot, di Gunung Kidul Yogyakarta ada Pantai Kukup. Untuk mencapai pantai ini, diperlukan sekira dua jam perjalanan dari Yogyakarta. Letaknya sekitar satu kilometer di sebelah timur Pantai Baron. Pantai ini juga dapat dicapai dengan melalui jalan setapak yang menghubungkan antara pantai Baron dan Pantai Kukup.


Pantai Kukup merupakan pantai yang berpasir putih yang indah dan luas, terdapat aneka biota laut terutama ikan hias yang dijual oleh pedagang di pinggir pantai atau dipelihara di gedung aquarium laut yang terletak pada satu kawasan di Pantai Kukup. Kalau ingin menangkap ikan ataupun kepiting dengan mudah, kita bisa membeli jaring kecil yang diperjualbelikan oleh pedagang di tepi pantai.



Di sini juga terdapat sebuah pulau karang kecil yang diatasnya terdapat gardu pandang untuk menikmati keindahan laut. Fasilitas yang ada diantaranya pendopo untuk pertemuan, pondok wisata, hotel melati, warung makan, dan kios untuk cenderamata, pedagang ikan hias, dan pedagang ikan siap saji.

4. Pantai Drini


Pantai Drini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km kearah timur dari Pantai Sepanjang. Keistimewaan pantai ini terdapat pulau karang yang tumbuh pohon Drini dan konon kayunya dapat dipakai sebagai penangkal ular berbisa. Pemandangan Pantai Drini yang sangat indah, asri dan pantainya yang sangat perawan. Di atas karang ini dibangun Mercusuar dimana jika kita memandang dari menaranya dapat melihat pemandangan dari atas.Di Pantai Drini ini kita bisa melihat dengan jelas rumput-rumput laut diantara karang-karang laut, dan biota laut lainnya.


Pantai Drini semakin menarik karena pantai ini masih alami, sehingga benar-benar bersih dari sampah atau kotoran yang biasanya ada di pantai-pantai wisata lainnya. Keasrian alam pantai ini membuat para pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan Pantai Drini. Apalagi di pantai ini terik matahari menjadi tidak terasa sementara kesejukan udara membuat Anda semakin nyaman berwisata di pantai Drini.


5. Pantai Krakal

Pantai Krakal dapat dicapai melalui jalan sepanjang 6 kilometer dari kawasan pantai Kukup, sehingga pantai Krakal merupakan mata rantai perjalanan setelah mengunjungi pantai Baron dan pantai Kukup. Jarak pantai Krakal dari Yogyakarta lebih kurang 65 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam.


Perjalanan menuju pantai Krakal ini juga melintasi bukit - bukit kapur, diselingi dengan teras - teras batu karang. Hal ini merupakan ciri dari daerah karst yang dikelola penduduk. Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman yang silam, daerah ini merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan yang terjadi pada kerak bumi, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu - batuan karang yang nampak pada waktu itu merupakan bekas rumah binatang karang yanghidup di air laut saat itu.


Ada banyak aktifitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Pantai Krakal. Misalnya Anda bisa bermain dengan ombak laut di sepanjang bibir pantai yang tak putus-putusnya dibawa oleh arus air dari samudera Australia. Sebuah aktifitas langka yang bisa Anda lakukan tentunya jika Anda bertempat tinggal jauh dari pantai. Krakal juga menawarkan aktifitas lain yang sangat menyenangkan yaitu mencari ikan hias di bibir pantai Krakal yang berlumut. Ada lagi aktifitas lain yang tak kalah menyenangkan bermain layang-layang atau sepakbola yang mempunyai panjang bibir pantai sepanjang 40.000 meter tersebut.



6. Pantai Ngobaran

Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Kalau air surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.


Suasana mistis akan segera menyergap begitu Anda tiba di Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Yogyakarta. Ombak-ombak besar tanpa henti menghantam tebing-tebing tinggi yang ada di pantai ini. Air deburannya menghempas begitu tinggi. Sesekali terlihat indah, namun terkadang terlihat menyeramkan. Pantai Ngobaran memang dikenal sebagai tempat ritual masyarakat Kejawan pada setiap malam selasa kliwon dan jumat kliwon.
Pantai ini juga menjadi tempat ritual masyarakat Hindu terutama pada saat Upacara Galungan. Memang di Pantai Ngobaran terdapat sanggar yang sering digunakan untuk peribadatan masyarakat Hindu. Banyak orang percaya bahwa Pantai Ngobaran menjadi tempat bertapa Prabu Brawijaya dari Majapahit.



Bangunan yang paling jelas terlihat adalah tempat ibadah semacam pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Tempat peribadatan itu didirikan tahun 2003 untuk memperingati kehadiran Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit, di Ngobaran. Orang yang beribadah di tempat ini adalah penganut kepercayaan Kejawan (bukan Kejawen). Nama "Kejawan" menurut cerita berasal dari nama salah satu putra Brawijaya V, yaitu Bondhan Kejawan. Pembangun tempat peribadatan ini mengaku sebagai keturunan Brawijaya V dan menunjuk salah satu warga untuk menjaga tempat ini.


Berjalan ke arah kiri dari tempat peribadatan tersebut, Anda akan menemui sebuah Joglo yang digunakan untuk tempat peribadatan pengikut Kejawan.
Di bagian depan terdapat sebuah masjid berukuran kurang lebih 3x4 meter. Bangunan masjid cukup sederhana karena lantainya pun berupa pasir. Seolah menyatu dengan pantainya. Uniknya, jika kebanyakan masjid di Indonesia menghadap ke Barat, masjid ini menghadap ke selatan. Bagian depan tempat imam memimpin sholat terbuka sehingga langsung dapat melihat lautan.



dari berbagai sumber

0 comments:

To Use A Smiley In Your Comment, Simply Add The Characters Beside Your Choosen Smiley To The Comment: :)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment