Tombol Navigasi

Chitika

Thursday, August 4, 2011

Hati - hati bagi para pelamar kerja untuk PT. MUG ( Mitra Utama Global )

Berhati - hatilah bagi para pencari kerja, terutama bila menemukan iklan atau info lowongan dari PT. MUG ( Mitra Utama Global ) karena sudah banyak sekali laporan - laporan penipuan yang dilakukan oleh perusahaan ini. Ternyata penipuan tidak hanya terjadi di dalam satu kota tapi terjadi di beberapa kota diantaranya bandung, jakarta, yogyakarta.

Untuk iklan yang dipasang oleh perusahaan tersebut seperti ini :

PT MITRA UTAMA JOGJA

Perusahaan yang bergerak dalam bidang General Trading, Supplier, dan Recruitment membuka cabang baru untuk wilayah SLEMAN DAN JOGJA SEKITARNNYA membutuhkan 200 Tenaga Kerja untuk berbagai posisi ( ADM-HRD, SPV, Ass. SPV, Resepsionis, Koordinator, Keuangan, Trainer, BM ).

Persyaratan:
- P/W max. 48 tahun,
- Foto 3X4 ( 2 lembar ),
- Foto copi ijazah dan KTP ( 1 lembar ),
- Surat lamaran pekerjaan,
- Daftar riwayat hidup.

Bawa lamaran langsung ke PT MUG JOGJA Jl. Raya Magelang km. 9 No.99 Dusun Denggung Desa Tridadi Sleman, Yogyakarta ( Depan Bakso Kepala Sapi ) atau kirim data diri Via SMS ( Nama, Alamat, Pendidikan, Posisi ).
Ditujukan Kepada: IBU ANTARI 087838324935

iklan tersebut biasannya di pasang di jalan - jalan ataupun di situs iklan - iklan yang ada di internet. Salah satu kasusnya :

Kasus Pertama :
Oleh : Werewolves

Dalam Sebuah babad kehidupanku terjadilah demikian.....
2 sasih iki aku kan rung nduwe gawean tetap...
iseh coba cobi mrono mrene....

Njuk aku coba tuka tuku sebuah koran,,,,,
Sebut saja "KR" -bukan nama samaran-
njuk aku ndelo ono lowongan,,,, bla...bla...bla....
gajine nganti 2,5jt setengah.... hubungi ibu xxx
(batinku,, uedannn rek.... nang yojo gaji sak mono tur iklane men dino mesti ono
tur sing di goleki wong 100... opo ra do rebutan kui .... tur iklan sing sa jenis yo akeh juga,,, ning kon ngehubungi ibu/ bapak liane, ning aku tetep curiga)
po meneh mung iklan baris sing gur mbayar ra nganti 50ewu

Tapi aku tetep ber +Thinking,,, njuk aku telpon nomer kui...

iNyong : Hallo, liat iklan di KR nih,,, itu kerjaannya gimana ya mbak
Mbake : oh, iya mas nanti jadi staff di kantor, bukan sales kok
iNyong : wew, mantaff kie (neng jro dada tentune)
Syarate opo ae mbak, terus jeneng kantore opo, neng ndi???
Mbake : gawa lamaran ae mas, ktp, FC foto, ijazah, bla..bla...
Kantore ki nang cedak dongkelan...
Ngko nemoni ibu bla...bla...bla...

(sebut saja "mug" jeneng kantore,,, bukan samaran lagi)
aku masih smpt mikir2, malahan tak tunda nganti sedino....
namun bujukan bojoku yang membuatku luluh juga...
(masalahe bojoku pinter banget tur lempeng ra ngerti dunia pertipuan model ngene ki)

Yowislah.... BISMILLAH....
Aku mangkat ke TKP_____
dengan membawa seperangkat alat lamaran kerja diiringi MP3 lagu Iwan Fals
"Belum ada Kerjaan--- eh belum ada judul-

tekan TKP aku rada kaget....
kok kantor sing arep nggaji tekan 2.5jt mung koyo ruko penampungan TKI

ning yo nang kono uakeh motor2 sing parkir....
(batinku,,, wah iki mesti senasib kao aku kie.... )
sak durung mlebu aku pura2 nelpon sik,,, neng arepan kantore men ra ketok smanget tenan nggolek gawean, lha wong jebule mencurigakan ngene kie kok


Trus aku mlebu.....
ono 2 receptionist,,,
Disinilah keanehan2 nyata mulai terjadi
iNyong : Mbak mau masukin lamaran....
Mbake 1 : oia, bisa liat berkas2 nya dulu...
Mas tau dari siapa lowongan disini dan disuruh nemuin siapa???
iNyong 1 )
(batinku, Lha emange kantor iki ngiklanke nengndi wae....
Terus kok takon meneh kon nemoni sapa, lha wong sing ngekon
ktmu ibu xxx, yo wong kantore) wah aneh kie.....
"Ketemu ibu xxx, Mbak" Jawabku
Mbake 2 : (ngomong karo Mbak 1, ibu XXX kan wis mulih toh...)
Mbake 1 : ho'oh to...
Mbake 1 : Yowis mas, ditunggu aj, ntar dipanggil....
Mbake 1 : Mas nya S-1 y ???
iNyong : (wah leuwih bingung meneh.... )

Lha njuk ngapa nek S1, ra oleh ndaftar po.... kok kyne mbake kaget
(paling mbake kaget kok ono S-1 iseh ketipu karo model ngene ki)
_______
Aku njuk lingguh nang ruang tunggu yang hanya berukuran 2X4 meter...
Terus, keanehan ke-2 terjadi....
uthuk...uthuk.... ono bocah lanang karo wadon, isih enom banget, paling lulusan SMA methu seko njero kantore kae (rupone ketok sumrwingah banget, mboh ngapa).... karo nggowo kompor gas....

(Bajigur... opo kie....)
----wah,,, mesti kon ngedolke iki, mesti,,, MESTI... MESTI.....


let 2 menit, ono mas-mas.... "mas gottsoldat, silahkan masuk"....
SIAP.....!!!!
(karo ngelus dada, doa, men ra di hipnotis kapusan....)

Neng jero ruangan akeh meja2 karo wong2,,, kayane wong2 HRD
(ning kok HRD wuakeh tenan, emange arep wawancara pirang puluh ewu yo)
---kyne mereka berteriak..... OJO GELEM DITIPU MASSSSSSSS----
WAKAKAKAKAKA


Pas aku mlebu,,, aku ketemu ibu2 jenge Rut...
Terjadilah perbincangan berikut ini .....
Rut : Jadi begini mas, kita bukan MLM, kita ini perusahaan export impor
elektronik, nanti akan buka cabang Jogja II, dan masnya nanti kalo
diterima jadi HRD staff...
(wis pokoe ngomonge luancarrrrrr bgt, ora ono titik... kaya wong MLM, nyecer terus, awak dhewe ra oleh omong sak durung de'e mempersilahkan bertanya) ngmng ngalor ngidul nganti job des mengko, gaji, gaji sak mene lah, jamsostek lah, wis pokoe khayalan tingkat tinggi semua orang lah....


Ujung2 E...
Rut : Tapi, mas harus lolos seleksi qt dulu,,, karena mas akan jadi HRD, dan
Qt adalah perusahaan ekspor impor elektronik, jadi mas harus ngerti
cara kerja sediikit2.... untuk lolos seleksi, mas harus bisa menjual salah
satu produk kita......
(bajigurrrrrrr.......)
---wah kapusan tenan kie....
Njuk de'e ngetokke list2 barang elektronik
seko dispenser, nganti kipas angin,,,,
paling murah regane 500 ewu.....
_____Asemmmmmmmmmm.......____

iNyong : oh gt ya bu....
Rut : Mas, uda ada bayangan belum mau jual kemana ?
iNyong : (dengan wajah polos dan terlihat tertarik kerja )
Wah belom je bu....
Rut Dengan wajah sok misterius dan berusaha meyakinkanku)
"begini aja mas, karena ini yang ndaftar banyak banget loh,
jadi begini aja mas, kita maen strategi, kan siapa yang bisa jual cepat
dalam tempo 5 hari dia akan lolos seleksi dan pasti diterima...
jadi kalo bingung, masnya aja yang beli atau DP in dulu, jadi udah
kita anggap laku, dan bisa lolos dan langsung bikin SPK
Surat Perjanjian Kerja.... Gimana....
Masnya bawa uang berapa ????
iNyong ; (FAFIFUUUUUUUUU........)
Aku di Palaki mentah2......... bajingannnnnnnnn
"Wah ndak ada e mbak, uma bawa uang buat bensin....
Rut : Nggak perlu gede2 kok mas,,, nih liat tadi ada bapak2 juga cuma
kasih DP 50 ribu,,,, nggak pa2 mas, yang penting posisi mas aman dl
iNyong :Wah, bener e mbak.... nggak ada
(padahal ana 250 an mah)
cuma 15 rebu.... (padahal nek di jaluki tenan yo aku ora REDO)
Rut :wah, segitu ya.... mmmmm.... kalo 20 aj deh, gk pa2....
iNyong ; (AfUUUUUUUu.... Afgan tenan.....
20 ewu ae dioyak-oyak......)
Rut : nih mas, saya udah bikin surat perjanjian seleksinya.... masnya
bayar DP ntar saya kasih kuitansi...
iNyong : (Afuuu... sapa ssing wis ngmng gelem, waton nulis surat perjanjian
ae)...
"Gini aja mbak, suratnya saya bawa dulu, ntar saya pulang sebentar
Ambil duit buat DP....

SYUKURRRRRRRRRRR ALHAMDULILLAH.........
wonge gelem....
aku di kai surat perjanjian kui, terus kon teko neh sore jam 3.....
iNyong : Oke bu, terima kasih, nanti saya ksini lagi....
Rut : Ya nanti saya tunggu, jam 3 ya...
iNyong : (men ketok meyakinkan, emang tutup sampe jam berapa bu?)
Rut : sebenernya sampe jam 2, tapi ya saya tunggu deh......
iNyong : Ok terima kasih....


KU LANGSUNG NGIBRITTTTTTTTT
:n gacir:

Welah dalah.....
Bengine dekne SMS, Ssuk Ssuk'e Yo SmS, dino iki SMS meneh....
AFGHAN TENAN.......


AKU NJUK MIKIR,,,,
NEK KETOMPO MESTI AKU DADI KOYO DEKNE, LINGGUH DADI HRD
TERUS MELAKUKAN PENGELABUAN SEPERTI DIA.....
BAR KUI TAK CROSSCHECK NANG "KR" meneh,,,,
tibake jengeng2 liane sing bedho yo paling wong2an sing lingguh nag jejere
nang kantor kui, mung beda wong karo nmr telepon....

HUH,,,,,,,
DUH GUSTI.....
PARINGONO MERSI KARO GADIS SEKSI.....

sekian ghan, crita tragisku....

---semoga bisa jadi masukan dan inspirasi buat agan2 sekalian----
bahkan hiburan

Sumber

Kasus Kedua :
Sumber


Beberapa Pencari kerja yang melamar ke PT Mitra Utama Global (PT MUG) sebuah peusahaan yang bergerak dalam bidang general dan trading, yang bertempat di Jalan Sutisna senjaya Kota Tasikmalaya, merasa tertipu, sebab sebelum melamar pekerjaan ke perusahaan tersebut di janjikan akan di dipekerjakan di PT tersebut dengan iming-iming gaji yang menjanjikan. Namun kenyataannya setelah tes dan interview malah diminta sebesar Rp 500.000, dengan dalih untuk mendapatkan SK.

Seperti yang dikeluhkan Agus Alaiman, warga Kadungora Kecamatan Garut, ia sudah mengajukan lamaran ke PT MUG namun hingga kini belum dipekerjakan juga, ketika di hubungi ke kantornya dan kepalanya, selalu ada saja alasannya. “ Katanya saya akan dipekerjakan di Tasikmalaya setelah melamar di Kantor Rancaekek, tapi hingga sekarang belum dipekerjakan juga, saya benar benar merasa tertipiuoleh PT MUG” paparnya saat di wawancarai adaditasik.

Sementara itu Saat dihubungi ke Dinas Sosial Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya yang didampingi Kasi Pengawasan dan Hubungan Industri Kusmawan mengatakan, pihaknya telah didatangi beberapa para pencari kerja yang menanyakan perihal keberadaan PT tersebut yang telah merugikan para pelamar.

Ternyata usut punya usut PT tersebut belum mengantongi ijin dari pihak terkait di Kota Tasikmalaya.

Kasus Ketiga

Sumber

Sebelumnya saya minta izin kepada emje21,peace maker, dan semua moderator yang ada di detik forum untuk tidak menutup thread yang ray tulis karena ray hanya mau menyampai kejadian telah terjadi pada saya selama ini setelah saya lama menghilang dari dunia maya. Mungkin ini pengalaman akan menjadi masukan/pelajaran buat orang-orang yang akan melamar pekerjaan seperti saya ini. Ok saya akan menceritakan dari awal sampai akhir cerita nich. Berawal dari hari yang cerah serta matahari yang tersenyum padaku ,Hari itu adalah hari Selasa tanggal 9 Desember 2008, ketika hendak mau pulang dari olahraga dari Monas (maklum anak fitness) saya mencoba membeli Koran harian Kompas (yang seharga RP.3500 bukan yang se-cenk’an loh).


Nah setelah pulang dari membeli kompas. Akhirnya saya buru-buru membaca Koran kompas tersebut halaman demi halaman saya membukanya dan membacanya dengan niat mencari kerja. Akhirnya saya membaca iklan lowongan kerja (karier) pada harian kompas tersebut. karena itu adalah hari Selasa jadi iklan-iklan lowongan kerja tersebut hanya sedikit tidak seperti hari Sabtu yang sangat banyak berjubel sekali. Disana saya membaca dan menemukan tulisan gini Acc (Accounting), adm (Administrasi), rcp (receptionist), hrd, (17-59 th) income 2-5jt/bln! Sms nama, Alamat, Usia, Pendidikan (kaya di tipi-tipi ya contoh:reg(spasi)nama(spasi)umur(spasi)tanggal anda dikuburkan), 085781054048 bu Sisca (kerja minggu ini). Karena awalnya saya hanya iseng-iseng saja akhirnya saya mencoba memberanikan diri untuk mengirimkan identitas saya . setelah mengirimkan identitas saya ,hmm” tidak ada balesan dari sana. Akhirnya saya tidur siang. Kira-kira satu jam kemudian saya mendapatkan sms balesan dari Ibu Sisca yang isinya begini panggilan Interview untuk langsung kerja pada hari rabu tanggal 10 Desember 08 jam 10 pagi sampai 13 siang alamat pada jalan Dr Saharjo No. 102 A lantai 4,Jakarta Selatan (Manggarai) mohon membawa CV saja. Setelah mendapatkan sms tersebut saya besoknya segera berangkat dari rumah menuju lokasi dengan menggunakan busway dari Sarinah menuju terminal dukuh atas 1 sampai terminal dukuh atas satu akhirnya saya melanjutkan perjalanan menuju terminal dukuh atas 2 dan menaikkan busway menuju manggarai.

Selanjutnya >>

Kasus Lainnya >> Forum Detik.com | Kaskus

Sampai ada page di facebook

Kalau mau tau lebih banyak lagi bisa tanya mbah google..:D

semoga informasi ini bisa jadi peringatan bagi teman - teman sekalian.

0 comments:

To Use A Smiley In Your Comment, Simply Add The Characters Beside Your Choosen Smiley To The Comment: :)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment